Dewasa ini, ranah bisnis menjadi
suatu aktifitas ter-beken yang menjanjikan dimana memang Wirausaha adalah suatu
perkerjaan yang pernah di lakukan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW pada zaman
Beliau. Untuk membuka suatu bisnis yang efektif di perlukannya suatu ilmu
strategi manajemen bisnis kreatif yang terkemuka agar mendapatkan hasil yang
ekslusif. Dan dalam arena ilmu strategic management itulah, muncul sosok
seorang guru yang amat berpengaruh, namanya Om Michael Porter, yang mengajar di
sekolah bisnis paling legendaris di dunia, Harvard Business School. Bukunya
yang bertajuk Competitive Analysis telah menjelma menjadi semacam primbon yang
kudu ditelisik oleh Chief of Strategist pada beragam organisasi.
Adapun salah
satu point penting dalam Buku Competitive Analysis adalah Porter Five Forces
Analysis yakni 5 gaya analisa milik Porter. Pada poin ini saya akan menjelajah
lebih rinci tentang 5 jenis gaya analisa strategi manajemen bisnis dalam dunia
bisnis herbal yang mana dunia herbal kini menjadi suatu wirausaha yang sedang
banyak di gandrungi masyarakat. Unsur pertama adalah Rivalries Within Industry,
yakni dalam dunia bisnis tentu memiliki persaingan yang sengit terlebih bisnis
itu sudah banyak yang meminatinya. Dalam kasus ini sangat di perlukannya suatu
perbedaan yang menjulang dan lebih unggul daripada kompetiter yang lain, agar
bisnis yang sedang anda jalani tidak jatuh dari bisnis herbal yang lain,
mungkin anda bisa membuat suatu promo dan tentu harus menjual produk herbal
yang asli dan super berkhasiat. Unsur yang kedua adalah Entry Barrier. dimana
dalam dunia bisnis, anda harus paham seberapa besar rintangan untuk masuk dalam
dunia bisnis. Dalam dunia bisnis herbal yang anda bangun harus memiliki point –
point penting dimana tidak ada yang bisa mereplika usaha anda dan tidak ada
yang berani bersaing ataupun mengganggu dengan keunggulan dalam dunia bisnis
yang anda jalani. Unsur ketiga adalah Buyer Power, yakni suatu keahlian atau
kemampuan para pembuka usaha bisnis atau pembeli untuk membeli suatu product
dari produsen dengan harga yang terjangkau agar ketika di jual kembali akan
mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Selanjutnya adalah unsur keempat yakni
Supplier Power, dalam dunia bisnis itu sangat tergantung pada supplier bahan
baku yang dikendalikan oleh beberapa penyedia yang besar, dan tentu suatu
masalah besar bagi produsen dan juga pembisnis jika harga bahan baku herbal itu
mengalami kenaikan. Tentu hal ini harus menjadi perhatian anda, agar anda
menjadi lebih memikirkan kiat cadangan untuk mendapatkan keuntungan ketika
harga bahan baku mulai menaik. Dan terakhir adalah unsur Threat of Substitutes,
dalam bisnis, tentu anda di wajibkan untuk memperhatikan dan menyediakan kiat
cadangan ketika di hadapi dengan ancaman dari product pengganti, hal ini di
maksudkan ketika anda sedang membuka usaha bisnis herbal maka tidak semudah
yang di pikirkan untuk langsung mengganti bisnis herbal anda ke bisnis lainnya,
misal menjadi bisnis makanan atau minuman. Anda harus memperhatikan sejauh mana
ancaman produk pengganti itu untuk kelanjutan bisnis anda. Dan begitulah unsur
– unsur 5 gaya analisa strategi manajemen bisnis kreatif yang terkemuka dan
efektif yang dapat anda perhatikan dan implementasikan agar anda menjadi lebih
paham hal – hal apa saja yang perlu di perhatikan dan di persiapkan dalam
membuka usaha atau bisnis yang mantap. Selamat berusaha dan semoga sukses.
source: http://strategimanajemen.net/2012/04/30/pelajaran-strategi-bisnis-dari-guru-michael-porter/
Kunci Penting dalam Analisa Manajemen Bisnis bagi Pemula |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar