Sabtu, 22 November 2014

Strategi Manajemen Bisnis ala Michael Porter

Dewasa ini, ranah bisnis menjadi suatu aktifitas ter-beken yang menjanjikan dimana memang Wirausaha adalah suatu perkerjaan yang pernah di lakukan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW pada zaman Beliau. Untuk membuka suatu bisnis yang efektif di perlukannya suatu ilmu strategi manajemen bisnis kreatif yang terkemuka agar mendapatkan hasil yang ekslusif. Dan dalam arena ilmu strategic management itulah, muncul sosok seorang guru yang amat berpengaruh, namanya Om Michael Porter, yang mengajar di sekolah bisnis paling legendaris di dunia, Harvard Business School. Bukunya yang bertajuk Competitive Analysis telah menjelma menjadi semacam primbon yang kudu ditelisik oleh Chief of Strategist pada beragam organisasi. 
Adapun salah satu point penting dalam Buku Competitive Analysis adalah Porter Five Forces Analysis yakni 5 gaya analisa milik Porter. Pada poin ini saya akan menjelajah lebih rinci tentang 5 jenis gaya analisa strategi manajemen bisnis dalam dunia bisnis herbal yang mana dunia herbal kini menjadi suatu wirausaha yang sedang banyak di gandrungi masyarakat. Unsur pertama adalah Rivalries Within Industry, yakni dalam dunia bisnis tentu memiliki persaingan yang sengit terlebih bisnis itu sudah banyak yang meminatinya. Dalam kasus ini sangat di perlukannya suatu perbedaan yang menjulang dan lebih unggul daripada kompetiter yang lain, agar bisnis yang sedang anda jalani tidak jatuh dari bisnis herbal yang lain, mungkin anda bisa membuat suatu promo dan tentu harus menjual produk herbal yang asli dan super berkhasiat. Unsur yang kedua adalah Entry Barrier. dimana dalam dunia bisnis, anda harus paham seberapa besar rintangan untuk masuk dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis herbal yang anda bangun harus memiliki point – point penting dimana tidak ada yang bisa mereplika usaha anda dan tidak ada yang berani bersaing ataupun mengganggu dengan keunggulan dalam dunia bisnis yang anda jalani. Unsur ketiga adalah Buyer Power, yakni suatu keahlian atau kemampuan para pembuka usaha bisnis atau pembeli untuk membeli suatu product dari produsen dengan harga yang terjangkau agar ketika di jual kembali akan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Selanjutnya adalah unsur keempat yakni Supplier Power, dalam dunia bisnis itu sangat tergantung pada supplier bahan baku yang dikendalikan oleh beberapa penyedia yang besar, dan tentu suatu masalah besar bagi produsen dan juga pembisnis jika harga bahan baku herbal itu mengalami kenaikan. Tentu hal ini harus menjadi perhatian anda, agar anda menjadi lebih memikirkan kiat cadangan untuk mendapatkan keuntungan ketika harga bahan baku mulai menaik. Dan terakhir adalah unsur Threat of Substitutes, dalam bisnis, tentu anda di wajibkan untuk memperhatikan dan menyediakan kiat cadangan ketika di hadapi dengan ancaman dari product pengganti, hal ini di maksudkan ketika anda sedang membuka usaha bisnis herbal maka tidak semudah yang di pikirkan untuk langsung mengganti bisnis herbal anda ke bisnis lainnya, misal menjadi bisnis makanan atau minuman. Anda harus memperhatikan sejauh mana ancaman produk pengganti itu untuk kelanjutan bisnis anda. Dan begitulah unsur – unsur 5 gaya analisa strategi manajemen bisnis kreatif yang terkemuka dan efektif yang dapat anda perhatikan dan implementasikan agar anda menjadi lebih paham hal – hal apa saja yang perlu di perhatikan dan di persiapkan dalam membuka usaha atau bisnis yang mantap. Selamat berusaha dan semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar